Blogger Wajib hindari 10 hal ini, kalo nggak mau gagal!

Blogger Mistakes - Kesalagan Blogger pemula

Menjadi seorang penulis blog itu tidak mudah, tidak cukup dengan hanya modal mempublikasikan karya tulis. Kalau kamu lihat orang biasa punya blog, tapi jarang sekali update pada blog mereka itu namanya bukan seorang blogger. Kesalahan sering terjadi pada pemula yang baru saja terjun ke dunia perbloggingan, alasan tepat kanapa kamu harus menghindari nya, karena kesalahan ini bikin kita harus mengulang dari awal kembali. Kalau bagi gea, pernah melakukan kesalahan yang bikin gea harus memulai blog ini dari nol kembali.

Kesalahan ini sebenarnya sudah dikutip dari blog nya milik kak Ryan jauhari, dan sedikit gea tambahin dengan pengalaman pribadi tentang kesalahan yang bikin kerusakan fatal. Sebagai blogger pemula, awalnya kita tidak akan mengentahui kalau kegiatan yang sedang kita kerjakan salah. Tapi masih saja tetap dilanjutkan, kesalahan tersebut bisa membuat blog yang kita kelolah lambat berkembang. Akhirnya males ngeblog, kurang motivasi, gagal deh jadi blogger. Simak nih ada beberapa jenis kesalahan blogger pemula wajib banget dihindari.


1. Tidak mempertimbangkan manfaat konten

Ngeblog bukan hanya sekedar menulis kalimat, tapi kita berusaha menyajikan konten yang berkualitas bagi pembaca. Tidak selamanya konten terdiri dari teks dan gambar, tapi juga pertimbangkan menyematkan jenis media lain agar bisa menambah nyaman bagi pembaca. Kamu bisa menyematkan file audio podcast yang bisa diputar dengan mudah, embeded video dari Youtube, infografis yang interaktif, dan masih banyak lagi.

dari Blog panduanIM.com, konten yang baik dan berkualitas adalah konten yang lengkap dan mampu menjawab semua informasi intens yang diinginkan pembaca.

Cintailah artikel yang kamu buat, kesalahan terbesar yang paling berbahaya adalah kualitas. Kebanyakan blogger lebih mengejar kuantitas dibanding kualitas, padahal konten berkualitas harganya jauh lebih mahal dibanding kuantitas.

Sama halnya dengan membuat skripsi/tesis, kamu membutuhkan waktu dan banyak data agar bisa menjadi suatu dokumen yang berguna. Sebaliknya, jika kamu mengedepankan kuantitas akan percuma di kemudian hari. Nanti kamu bakalan merasa malas, tidak punya semangat, konten tak berkembang, dan blog yang kita kembangkan akan jadi itu-itu saja.


2. Hindari membuat sesuatu yang tidak dikuasai

Misalnya, kamu baru saja memulai mengembangkan blog. Jangan bikin artikel seputar blogging.

Duh, jangan donk. Kalau begini terus bisa bikin blog yang kamu kelolah tidak berkembang, dengan membuat artikel seputar blogging artinya sama saja kamu sedang mengejar apa yang tidak kamu ketahui. Lama-kelamaan pasti akan timbul rasa bosan, dia bakalan bikin kamu malas jadi blogger lagi. Sebenernya tidak ada salahnya membuat artikel seputar blogging, tapi wajib sambil belajar dan mengedepankan kualitas konten.

Konten yang dibuat hanya mengedepankan pengetahuan atau pengalaman tidak cukup bagi pembaca. Itu tidak bisa menjawab user inten yang tepat...

Semakin maraknya artikel seputar blogging, maka semakin tidak berkualitasnya sebuah blog. Artikel seputar blogging biasanya di tulis secara langsung berdasarkan pengalaman atau sebuah ide pribadi, tanpa melakukan risset mendalam. Artikel tentang blogging bisa bikin blog hancur, sebab diantara sesama blogger adanya persaingan yang tidak sehat khususnya di indonesia misalnya saling menjatuhkan.

Tujuan mereka untuk mengurangi jumlah kompetitor atau hanya sekedat iri belaka. Iya sih, semakin banyak pesaing maka harga article akan menurun, sebab semakin sepi peminat dan semakin banyak article baru yang terbit dengan topik bahasan yang sama.


3. Sering edit dan mengganti tema blog

Tidak kelihatan keren, selalu mengikuti arahan google speed bosan mungkin itu jadi alasan banyak blogger selalu mengganti template blog mereka. Padahal terlalu sering mengganti template blog tidak baik untuk SEO, dalam blogger.com template merupakan semua bagian kerangka dari sebuah blog.

Disana tersusun meta tag, validator, menu navigasi, dan lainya. Jika kamu sering mengganti tema blog google dan pembaca akan kebingungan dengan situs web blogmu. Meta tag nya berubah-ubah, bisa jadi menurunkan reputasi artikel kamu di mata mesin pencari. Makanya banyak yang bilang kalau gant tema bisa menurunkan trafik blog, ya memang benar.

Aku juga pernah mengalami, mengganti template blog EvoMagz dengan VioMagz dan sedikit merapihkan beberapa witget dalam waktu seminggu. Dampaknya traffik yang tadinya stabil 100 visitor per hari, jadi turun deh sampe jadi 40 visitor unik per hari.

Sebaiknya gunakan tema yang simple, responsive, dan juga lebih cepat loadingnya. Buang semua witget yang tidak bermanfaat, karena semua itu tidak ada guna nya justru akan memperlambat loading halaman web kita.


4. Kebanyakan membuat artikel spam

Blogger pemula itu kebanyakan bikin artikel spam, jumlah kata nya lebih sedikit. Terus manfaatnya juga hampir nggak ada sama sekali, padahal seorang blogger sejatinya menulis. Karya yang bisa dipamerkan dijual adalah karya tulis. Kesalahan ini biasa terjadi pada blogger yang cuma ikut-ikutan.

Mereka sebenarnya tidak berminat jadi seorang penulis, tapi tergiur akan untung yang besar dari blogger lain. Sehingga mereka mencoba tanpa belajar, belajar blogging itu mahal banget. Membuat blog jadi murah karena ada layanan blogger.com, layanan ini bikin semua orang bisa ngeblog tanpa harus dikenai biaya berlangganan.

Artikel 300 kata tidak baik untuk SEO, jenis artikel ini hanya sebagai cuitan biasa. Kalau di wikipedia, artikel dengan jumlah kata yang sedikit, jumlah informasi yang sedikit disebut sebagai artikel rintisan. Dan akan terus diperbaruhi setiap waktu, namun pada blogger pemula artikel lama ditinggal begitu saja.


5). Malas Belajar dari blogger sukses

Beberapa blogger sukses sudah pernah mempublikasikan artikel mereka di blog pribadinya, mereka telah meraup keuntungan yang sangat banyak dari blog. Terkadang mereka berbagi motivasi kepada blogger² baru yang ingin mencoba dunia blogging, sayangnya kebanyakan malas membaca. Ngeblog cuma ikut-ikutan bukan datang dari minat keinginan, jadi kalau membaca rasanya seperti terpaksa.

Belajar adalah salah satu hal penting yang wajib kita lakukan, karena blog sifatnya virtual maka belajar juga sambil membaca. Prakteknya dengan mengetik dan melakukan berbagai aksi agar blog bisa berkembang. Malas belajar artinya kamu salah masuk dalam jurusan kelas, ngeblog bukan minat kamu yang sebenarnya.

Okelah anggap saja kamu orang biasa yang memiliki blog, dan jarang nulis. Kalau nulis cuma buat bikin artikel spam hanya 300 kata, hehehe nggak apa-apa. Sementara orang lain dengan minat dan kecintaanya pada blog sudah bisa menghasilkan banyak uang.


6. Tidak mempelajari kebijakan situs web

Situs web punya kebijakan (peraturan) masing-masing dan wajib kamu patuhi selagi menggunakan layanan mereka, sayangnya kebanyakan nih cuma skip-kip saja dengan kebijakan situs web, hingga akhirnya mereka tidak mengentahui mana yang melanggar dan mana yang tidak. Bahaya itu, kamu akan masuk ke dalam pelanggaran tanpa disadari.

Walaupun tidak disengaja tapi akan tetap di cap sebagai melanggar, misalnya kamu menyalin tempel artikel orang lain. Dalam kebijakan situs web pada bagian akhir tertulis tanda, anda menyetujui semua kebijakan layanan mereka baik dibaca maupun tidak selagi menggunakan layanan mereka.

Tuh kamu harus menerima keputusan, ya memang banyak situs web yang menerapkan kebijakan otomatis tanpa meminta persetujuan. Dia hanya memberikan keterangan dengan menggunakan layanan mereka artinya pengguna patuh dan tunduk terhadap peraturan yang dibuat di sana.


07. Malas Nulis artikel

Malas nulis terjadi karena kurangnya minat pada karya tulisan, bisa juga disebabkan karena terlalu lama bermain blogger. Kalau sekarang malas menulis disebabkan karena penghasilan yang minim, ya pemula biasanya penghasilan belum bisa sempurna dan wajib di sempurnakan. Blogger yang sudah berpenghasilan juga terkadang malas menulis, tapi mereka bisa menutupinya dengan menyewa jasa penulis.

Kesalahan terbesar disini yakni ketika seorang blogger malas menulis, dan artikel yang dibuat bukan artikel abadi maka suatu saat penghasilan bisa turun. Turun penghasilan makin tidak semangat membuat karya-karya baru.

Sebelumnya aku pernah mempublikasikan artikel tentang konsistensi dalam ngeblog. Malas nulis tentunya disebabkan oleh pemilihan topik yang salah, pada saat membuat pemilik terlalu banyak menambahkan topik blog terhadap apa yang tidak diminati. Hingga pada akhirnya bingung memikirkan ide artikel selanjutnya, blog gado-gado misalnya.


8. Bahaya Mencari teman sesama Blogger

Blogger pemula pasti bergabung di komunitas sesama blogger, terkadang tidak heran mereka saling berkirim pertemanan di facebook. Kegiatan ini bisa merugikan diri sendiri, kebanyakan kalangan blogger akan saling menjatuhkan pesaingnya. Nah itulah kenapa kamu tidak boleh berteman dengan blogger lain, saya sering sekali mendengarkan kasus serupa.

Saya punya pengalaman, dulu tahun 2018 dimana saya pertama sekali ngeblog. Waktu itu saya membagikan postingan di akun facebook pribadi yang kebanyakan tema dan followernya juga seorang blogger. Selang dua hari domain yang aku share diblokir oleh facebook, terkadang kena jahil.

Berteman sesama blogger boleh-boleh saja tapi kalau kamu ingin menjadikan akun sebagai bisnis pencari audien sebaiknya jangan menambahkan teman sesam blogger, atau kamu bisa membuat halaman penggemar sendiri di facebook.


9. Membuat Blog tanpa persiapan

Bikin blog tanpa persiapan akan membuat blog yang kita kelolah jadi terbengkalai, susah mendapatkan ide artikel setiap harinya. Terus, blog yang dibuat tanpa persiapan biasanya akan mengalami masalah ditengah perkembangan. Entah itu malas nulis, gak sengaja memposting artikel yang melanggar kebijakan google dan masih banyak lagi.

Perencanaan membangun blog sangat penting karena dia bisa menentukan kesuksesan blog kita kelolah dalam beberapa tahun ke depan. Blog yang tidak dibuat dengan perencanaan biasanya mempunyai artikel campur-campur, blog seperti ini akan sangat sulit sekali berkembang.

Minat seseorang itu berbeda antara satu dan yang lain, bila kamu memposting artikel dengn topik campuran. Bukan hanya sulit mendapatkan pengunjung, tapi juga sulit mendapatkan audiens yang menyukai artikel kita.


10. Terlalu antusias mengejar backlink

Backlink memang salah satu faktor yang bisa menaikan rank situs web, tapi mesin pencari seperti google hanya menggunakan 4.5% backlink dari keseluruhan untuk menilai kalau suatu domain itu berkualitas. Sisanya fokus ke artikel, google biasan mengukur kualitas suatu konten berdasarkan waktu rata-rata baca dan nilai interaksi antara sistus web dengan pengguna.

Itulah sebabnya kebanyakan situs web media lokal menggunakn spilit page untuk mendapatkan interaksi pengunjung yang lebih baik. Spilit page adalah metode yang digunakan untuk membagi-bagi artikel menjadi beberapa halaman, fitur ini terkadang membuat pembaca jengkel karena merepotkan.

Terlalu sering menambah jumlah backlink bisa membuat blog terkena spam dan deindex google. Bahayanya jika kita ketemu sistus web yang mempunyai reputasi buruk di mata google, spam score sebuah domain bisa meningkat. Blog yang kamu kembangkan akan sulit dipercaya oleh google lagi.


Sekarang kamu sudah paham kan tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan saat memulai sebuah blog. Karena daftar 10 di atas adalah kesalahan blogger pemula jadi wajib kamu hindari, kan dari pengalaman selama berkecimpung di dalam dunia blogger. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk pembaca jangan lupa baca artikel lainnya Gea Putri.

Ditulis Oleh Gea Putri Wulandari, disunting ulang oleh Sagita dengan standarisasi penulisan Artikel Instan Facebook. Made with Love

Advertisment