Baca ini agar blog kamu diterima Adsense

Agar website cepat diterima Adsense

Google Adsense sangat selektif dalam memilih mitra yang ingin bekerjasama dengan mereka, selama mengembangkan blog Gea pernah ditolak beberapa kali dengan banyak alasan. Tentunya ini adalah hal biasa, bahkan hampir semua pengguna yang bikin blog pernah ditolak sebelum akhirnya di approve sebagai publisher google Adsense.

Penyebab blog sering ditolak adsense ada beberpaa hal, pertama situs blog kamu mempunyai konten yang melanggar kebijakan, kedua artikel blog kamu tidak mengandung nilai manfaatnya sama sekali atau hasil menjiplak dari situs lain, dan yang ketiga navigasi halaman yang kurang baik.

Hanya ada 3 bagian saja kan, tapi dari ketiga bagian tersebut akan lebih panjang jika dijelaskan secara terperinci. Nih Gea bantu jelasin satu-satu dari makna yang terkandung dalam penjelasan diatas. Sebab sering sekali teman - teman mengangga kalau blog mereka tidak melanggar kebijakan Google Adsense tapi malah ditolak. Penting, blog yang bisa diajukan Adsense minimal domain sudah berumur 1 bulan. Biar nggak mumet silakan baca selengkapnya di bawah :


1. Pastikan kamu sudah menempatkan kode

Saat mengajukan situs ke Google Adsense kamu wajib memasang sebuah kode skrip yang diberikan oleh Adsense, biasanya kode ini diletakan diantara tag <head>, bisa juga diletakan sebelum tag </body>, tapi dalam sejumlah kasua Adsense bisa mengenali website anda jika sudah pernah terverifikasi melakui Google Search Console. Selama kamu menjadi sebagai pemilik dari situs web tersebut Adsense akan terus menjalankan pemeriksaan.

Kode ini akan terus dilacak oleh bot perayap Google, selain menempatkan kode dengan benar. Pastikan situs web kamu bisa di akses secara global, jangan memblokir crawler pada file robots.txt karena itu bisa memblokir bot perayap google dalam menemuksn halaman pada situs blog kamu. Tempatkan kode iklan pada halaman yang lebih banyak mendapatkan pengunjung agar mentriger google lebih cepat meninjau halaman kamu.

Trafik itu penting, jadi selama peninjauan berlangsung berusahalah mencari setidaknya minimal 1 pengunjung dengan cara membagikan artikel kamu ke sosial media. Bisa juga dengan mempelajari teknik SEO, google lebih memprioritaskan situs web dengan lebih banyak traffik dibanding situs yang sepi pengunjung.


2. Pastikan konten tidak melanggar kebijakan dan bermanfaat bagi pembaca

Sebelum membuat artikel sebaiknya kamu baca terlebih dahulu peraturan kebijakan Adsense, baik dalam segi kebijakan konten maupun privasi. Dengan membaca kamu akan mengetahui mana konten melanggar mana yang bagus, ini tentunya bisa membuat kamu lebih selektif. Sebagai salah satu contoh konten melanggar kebijakan, artikel yang di salin dari sumber lain atau artikel yang dipublikasikan ke beberapa blog atau halaman. Google sangat menginginkan artikel yang bersifat unik dan bukan termasuk konten duplikat.

Kemudian manfaat, kita sebut juga sebagai kualitas artikel. Kebanyakan kamu membuat artikel yang tidak ada nilai manfaat atau nilai tambahnya sehingga situs kamu bisa ditolak dengan cepat oleh pihak peninjau. Terlebih dari itu, pastikan kamu membuat artikel yang berkualitas biasanya antara 1000-2000 kata. Jangan salah loh, Blog Gea.my.id dengan artikel yang jumlah katanya rata² 1000-2000 kata masih bisa ditolak. Jadi kalau kamu terus-terusan ditolak dengan alasan Low Value Content perbaiki dan terus ajukan sampai diterima.


3. Navigasi halaman harus lebih mudah di akses

Navigasi ini adalah menu yang ada pada header dan bagian bawah blog kamu, nah pastikan menu navigasi tersebut lebih mudah di akses oleh pengunjung. Sebelum menilai konten, Google terlebih dahulu menilai desain halaman yang kamu gunakan. Pastikan kamu menggunakan tema yang responsive bisa mendukung semua jenis lebar layar device. Terus jangan membuat terlalu banyak menu pada bagian navigasi halaman karena itu akan membuat orang bingung, buatlah setidaknya 3 atau 4 menu pada navigasi heder dan 5 pada navigasi bawah.

URL Halaman penting blog seperti About, Privacy, Disclaimer, dan Tos juga harus diletakan pada menu navigasi. Agar si pengunjung memahami tujuan dari suatu blog dibuat, pengunjung bisa membaca ketentuan layanan privasi sehingga mereka bisa memutuskan apakah ingin melanjutkan atau tidak.

Navigasi Halaman Harus diatur dengan baik agar pengunjung bisa mengaksesnya dengan mudah. Ada dua tempat meletakan menu navigasi, pada header dan footer. Tempat paling strategis buat meletakan menu Navigasi adalah pada bagiam Header, bisa dipasang daftar label yang mengarah ke topik lain atau juga bisa dipasang halaman pengenal. Misalnya blog yang membahas masakan bisa menempatkan menu navigasi Resep Kue • Resep Minuman • Masakan Pedas • Aneka Kuliner.


4. Situs anda harus punya minimal 50 artikel, dan 4 halaman penting

Dari pengalaman Gea tahun lalu blog yang punya sedikit artikel itu akan dianggap blog baru dan punya konten yang tidak bermanfaat. Biasanya akan di tolak dengan alasan "konten tidak masuk akal", atau "Inventaris berharga tidak ada konten", Peninjau bukan hanya robot, tapi juga melibatkan manusia. Sebelum di approve dia akan membaca semua konten yang ada pada blog kamu, serta mencoba memahami makna isi dari suatu karya tersebut.

Maka dari itu buatlah artikel dengan topik how to, minimal 800 kata. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa mencapai 1000 kata lebih, dimanapun artikel dengan jumlah kata yang banyak pasti mengandung lebih banyak informasi. Artikel pilar punya jumlah kata hingga 6000 kata, gimana nggai wow gitu? Yang penting kamu bisa bersabar, membuat satu artikel itu butuh waktu beberapa hari sebelum di publikasikan.

Adapun 4 halaman penting, yakni about, privasi, disclaimer dan contact. Halaman ini penting diterapkan pada blog jika kamu ingin memonetisasi blog menggunakan Google Adsense. About menjelaskan tentang isi dan tujuan blog kita (pengenalan), disclaimer berisi semua perturan atau pengumuman tertentu, Privasi halaman yang menjelaskan cara kamu menangani dan berbagi data pengguna dengan pihak ketiga, dan Contact adalah halaman tempat menghubungi penulis.


5. Situs harus bebas dari Link mati, dan link Keluar

Link mati disebut juga sebagai broken link, nah situs blog kamu harus bersih dari link mati yang bisa membuat Google menilai blog kamu lebih buruk. Periksa link mati secara teliti menggunakan tools Broken Link Cheker, edit dan hapus pada bagian mana link tersebut. Kemudian link keluar, hyperlink yang mengarah ke situs lain bisa dianggap suatu pelanggaran.

Sebab kita tidak mengetahui apakah situs web yang anda tuju adalah situs baik-baik atau situs jahat. Situs web bisa berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, oleh karena itu kurangi kalau bisa hindari menyematkan link situs lain pada blog kamu. Google akan memncrawl bukan pada halaman blog kamu saja, bahkan termasuk situs web lain yang kamu berikan hyperlink.

Dan apabila ada halaman lain yang melanggar walaupun bukan dari situs kamu, bisa jadi blog yang tengah kamu ajukan ditolak oleh Adsense.


6. Desain Halaman harus sederhana

Pembaca yang datang ke blog kita pastinya tidak hanya sekedar melihat, mereka menginginkan informasi pada artikel yang kita buat. Desain yang sederhana bisa memudahkan pengujung dalam berinteraksi dengan blog kita, apalagi kalau tema dengan kecepatan muat halaman yang tinggi pasti banyak yang suka. Menurut om Adi Suryadi dan Om Sugeng Riyadi, kecepatan muat halaman adalah salah satu bagian dari SEO (Search Engine Optimization).

Bagian yang wajib ada pada blog yakni, Menu navigasi yang baik, halaman artikel, widget arsip, witget label, dan witget artikel populer. Selain dari itu sifatnya opsional, arsip halaman memudahkan pengunjung berinteraksi dengan blog dia bisa membuka artikel tahun lalu, label blog juga bisa membuat pengunjung memilih topik yang mereka sukai. Sebaiknya kamu memisahkan postingan per label, gunakan label yang tepat pada siatu post.

Sebagai contoh artikel kuliner banyak jenisnya, ada resep masakan, ada jenis-jenis kuliner. Nah kamu bisa memisahkan postingan dengan label, label membantu menyortir artikel sejenis sehingga memudahkan pembaca memilih topik mana yang mereka suka.


7. Situs kamu harus bisa di akses secara publik

Sering terjadi situs web tidak bisa di akses, dan walauapun kamu menggunakan blogger. Masalah ini terjadi ketika kamu menambagkan subdomain baru dari domain yang sudah ada, sehingga blogger mematikan fitur pengalihan dari tanpa "www" ke "www", padahal secara default google menggunakan ini untuk domain custom.

Sebaiknya kamu periksa pada blogger tepat dibagian setelan, aktifkan pengalihan domain dari tanpa www ke www agar situs web bisa di deteksi oleh semua pengakses. Blogger secara default harus menggunakan www, tanpa www hanyalah tampil halaman kosong 404 not found.


8. Minimal sudah diindex oleh search Engine

Syarat ini sering dilupakan dan dikecualikan oleh kebanyakan blogger pemula, mereka berfikir tanpa traffik juga bisa diterima. Sebenarnya iya sih, tapi dengan adanya traffik maka kemungkinan diterima lebih besar dan cepat. Pengunjung membuat skrip yang anda pasang pada blog jadi bekerja dengan sempurna, sehingga google bisa dengan cepat keninjau seluruh halaman pada blog kamu.

Skrip Adsense yang kamu letakan bagaikan tracker halaman, dia bisa menganalisis lalu lintas, mendapatkan konten untuk di analisis. Analisis otomatis akan lebih cepat terjadi bila blog yang kamu ajukan sudah mempunyai lalu lintas tersendiri, walau sering peninjau konten dilakukan oleh manusia.



9. Hindari menggunakan Konten duplikat atau Copy Paste

Seberapa persen unik artikel yang kamu buat? Harus lebih unik donk, tidak diperbolehkan menyalin tempel artikel dari blog lain. Nggak cuma itu, artikel harus unik nggak boleh pernah diterbitkan di halamam lain walaupun domain nya sama. 10% duplikat bisa berdampak fatal, kamu hanya akan rugi waktu sebab pengajuan blog ke adsense akan ditolak kembali.

Jika kamu membuat blog dengan sumber bahasan yang berasal dari blog lain, sebaiknya tulis ulang dengan bahasa sendiri. Jangan lupa tambahkan lebih banyak informasi agar hasilnya lebih terlihat unik, serta berbeda dengaj karya sebelumnya. Gunakan tools Plagiarisme Chekers untuk melakukan pemeriksaan terhadap suatu karya hasil rewrite agar kita bisa mengetahui seberapa persen duplikasinya.



10. Buatlah artikel yang spesfik dan relevan satu dengan yang lain.

Artikel campuran bisa membuat orang bingung akan suatu blog, apalagi tim peninjau adsense. Misalnya hari ini kamu memposting artikel tentang resep masakan, besok posting tips kecantikan, besoknya beda lagi. Kamu wajib menghindari kebiasaan buruk seperti ini, buatlah blog terkesan unik dengan mempublikasikan niche sejenis. Blog masakan akan lebih baik selalu memposting artikel seputar masakan, begitu juga dengan blog kecantikan.

Kalau blog yang kamu buat jenis blog pribadi yang membahas semua hal, sebelum di approve sebaiknya kamu harus fokus pada satu bahasan dahulu. Tujuanya agar pihak peninjau lebih cepat memahami konten dalam blog kamu, hindari mempublikasikan konten melanggar. Baca kebijakan Adsense dengan teliti agar kamu tidak terjebak pada pelanggaran kebijakan.


11. Posting konten yang unik dan berbeda dari Situs Kompetitor

Jika kamu membuat artikel dengan sepenuh hati dan sudah membaca kebijakan layanan Adsense tentang apa yang tidak diperbolehkan maka kamu bisa di approve dengan cepat, salah satu alasan kenapa banyak orang gagal dalam proses penganjuan karena mereka tidak mencintai konten yang mereka buat.

Padahal content is the king, semakin bagus konten yang kita buat semua orang akan mau menerimanya dengan baik. Bukan cuma adsense, tapi juga pengunjung. Sematkan berbagai informasi penting ke dalam satu artikel yang kamu buat, bangunlah suatu karya tulis yang unik. Punya nilai lebih dibanding artikel lain pada situs orang.

Tambahan, saat pengajuan di tolak sebaiknya tinjau dan perbaiki semua kesalahan yang ada. Tuh aku sudah jelasin dengan terperinci tentang masalah apa saja yang harus kamu perbaiki, jika blog yang kamu buat gado-gado atau dengan topik campuran sebaiknya hapus topik campuran.

Buatlah blog yang unik, tulis pembahasan berdasarkan minat. Ada banyak loh pembahasan yang bisa kita bahas, dari ide kuliner saja banyak. Aneka jajanan, resep masakan, rempah dan lainya. Oke deh cukup sampai disini artikel pembahasan gea, kalau ditolak jangan nangis ya. Tetap semangat...


12. Lakukan optimasi blog dengan teknik SEO agar banjir pengunjung

Selama proses peninjauan dan pengajuan kamu bisa mempelajari teknik dasar SEO di panduanim.com, dengan belajar seo otomatis kita bisa meningkatkan rank situs dan kualitas konten. Yang pada akhirnya bisa mendongkrak traffik ke blog kita, trafik itu penting. Kalau pengajuan ditolak dan kamu banyak menghabiskan waktu buat nungguin maka nggak ada salahnya belajar SEO untuk mendapatkan lebih banyak visitor. Setelah dimonetisasi (diterima) pendapatan kamu akan langsung besar karena traffiknya udah rame.

Dan tentu saja waktu yang terbuang sia-sia menunggu approve Adsense bisa terbayarkan berkali lipat dengan adanya penghasilan. Youtuber juga sama, dia sudah memiliki penonton terlebih dahulu baru bisa dimonetisasi. Karena sudah punya penonton tetap otomatis pendapatan mereka besar ketika diterima dalam program partnert Youtube. Semakin banyak visitor bisa mentriger peninjauan jadi lebih cepat, serta peluang di approve lebih besar.


13. Posting konten secara rutin dengan perencanaan

Memposting artikel secara rutin adalah wajib, kesalahan terbesar bagi Blogger pemula adalah rutinitas. Kamu bisa menentukan berapa kali posting sesuai kemampuan produksi kita, yang penting rutin membuat artikel. Seperti Blog Gea Putri sudah punya rutinitas tersendiri, Blog Gea memposting satu artikel setiap minggu sekali.

Tapi bila kamu ingin mempublikasikan satu atau lebih artikel dalam sehari, undanglah beberapa penulis untuk berkontribusi pada blog yang kamu miliki. Lebih baik satu blog memiliki banyak penulis dibandingkan satu penulis memiliki banyak blog. Membuat artikel yang berkualitas tidak mudah, butuh waktu dan juga fikiran. Saya sendiri hanya mampu membuat satu artikel dalam satu hari.


14. Website kamu harus mempunyai trafik yang stabil

Selain konten yang berkualitas tinggi, adsense mungkin menilai dari kualitas trafik. Situs web yang tidak mempunyai trafik sama sekali bisa saja dianggap low value content, saat ingin mengajukan sebaiknya pertimbangkan kembali apakah blog kamu sudah mempunyai pengunjung harian tetap atau belum? Adsense mungkin tidak menayangkan iklan pada halaman web yang tidak mempunyai satupun pengunjung.

Tidak ada angka yang paten dalam menentukan seberapa banyak persyaratan agar disetujui adsense, tapi dari sumber yang Gea kutip dari grup Blogger Indonesia, kebanyakan dari mereka yang diterima (Approved) sudah mempunyai 10-100 pengunjung harian tetap. Apabila situs blog kamu masih sepi pengunjung, tunda terlebih dahulu adsense pelajari tentang cara mendapatkan visitor di blog panduanim.com Gratis!


15. Tips Menjaga konten Tetap Update

Memperbaruhi artikel yang sudah ada sebenarnya adalah hal yang wajib, tapi jarang banget ada yang memperbaruhi konten lama agar bisa naik kembali ke halaman utama mesin pencari. Kebanyakan malah fokus ke kuantitas daripada ke kualitas, suatu saat mereka yang terlalu antusias mengejar kuantitas akan capek sendiri.

Agar artikel bisa disuntin ulang, sebaiknya buatlah dua salinan yang berbeda. Satu salinan bisa kamu simpan secara offline, dan satunya lagi dipublikasikan pada blog. Kamu bisa mengedit bagian, menambahkan, atau menghapus bagian secara offline, kamu juga bisa menambahkan keyword hasil riset ke dalam artikel yang sudah jadi. Setelah proses penyuntingan selesai baru deh dipublikasikan ke blog, butuh waktu 1-3 bulan untuk melihat hasilnya.

Berdasarkan pengalaman kak Ryan, semua artikel yang diperbaruhi secara rutin bisa mendapatkan lebih banyak lagi pembaca, sudah terbukti di blog ryanjhr350.blogspot.com.


Pada masa pandemi memang cukup sulit mengajukan blog di Adsense, apalagi proses peninjauan yang lebih lama dari biasanya. Tapi harap bersabar, semuanya butuh proses. Tetap kembangkan blog yang kamu kelolah jadi lebih unik dari website lain. Dengan mudahnya membuat blog pada masa sekarang, bikin persaingan semakin banyak. Sebagai blogger kamu wajib mempunyai keunggulan dibanding blog kompetitor.

Artikel ini merupakan kiriman dari kak Ryan Jauhari, dan sudah di sunting ulang oleh Gea Putri Wulandari. Semua catatan dalam halaman ini 70% pengalaman pribadi kak Ryan, dan sisanya diambil dari Youtube penjelasan "Got Your Site Approve By Adsense". Di sunting juga oleh Gita, pembaruhan tag penulisan HTML untuk instan artikel facebook pada 16 April 2020.

Advertisment