Broken link dan cara mengatasi blog yang mengandung Link Mati.

Mengenal Broken Link

Catatan : Panduan ini hanya khusus pemula yang baru saja mengembangakan blog dan juga untuk kelas les privat blog Gita Febriyanti.

Setelah lama mengembangkan blog kamu pastinya harus mempelajari salah satu teknik dasar dari SEO. Seo atau search engine optimization penting untuk dipahami agar blog kamu bisa berkembang ke depannya, salah satunya SEO Off page. Terkadang ada saja sebuah hyperlink yang membuat halaman web kita terkesan jelek di mata mesin pencari, url yang ada di internet tidak selamanya aktif ada kalanya url tersebut dihapus atau kadaluarsa. Url yang sudah tidak aktif ini disebut sebagai broken link.

Agar lebih jelas aku tambahin lagi nih pengertian broken links. Apa itu Broken Link? Broken link adalah hyperlink yang mengandung URL mati / kadaluarsa. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya broken link.

Situs web yang banyak mengandung link mati atau link url ke situs yang lain yang tidak terkontrol bisa menyebabkan blog kita dikecualikan oleh banyak mesin pencari, sehingga traffik yang kita dapatkan dari blog cenderung lebih kecil.

Link mati juga bisa membuat pengunjung kesal jika berkunjung ke blog kita. Saya punya pengalaman tersendiri tentang broken link, tepatnya beberapa hari yang lalu saya pernah mengikuti sebuah panduan "cara mengecek Nomor KK", nama online situs web yang diberikan untuk melakukan pengecekan ternyata sudah tidak berlaku lagi. Jelas dong hal ini mau buat kesal dan jengkel, namun a menghindari semua dampak negative yang ditimbulkan oleh broken link kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini.


Cara menghapus Broken Link dengan tools Brokenlink cheker

Untuk menghapus broken Link yang ada pada blog kita kamu bisa menggunakan tool pihak ke-3, situs web-nya brokenlinkchek.com. pada halaman awal situs web tersebut di bagian pojok kiri masukkan url blog yang akan kamu cek. Kemudian klik submit yang ada di bagian bawahnya nanti kamu akan dibawa ke halaman recaptcha.

Selesaikan tantangan recaptcha yang ada, kemudian untuk pengecekan pilih "Report all occurrences of each dead link (may be slower)", Kemudian klik Find Broken Link. Di bawah ini adalah gambar cara saya lakukan pemeriksaan broken link terhadap situs web yang saya kelola tahun lalu.

Mengatasi Broken link

Selama proses pengecekan kamu tidak boleh keluar dari Halaman tersebut, robot otomatis akan Mencrawler website kamu secara menyeluruh. Tools brokenlink chek juga akan melaporkan semua hyperlink yang mati beserta halaman mana yang mengalami masalah. Silakan tunggu sampai proses scanning selesai, prosesnya tergantung jumlah halaman pada blog kamu. Semakin banyak maka membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jika semua proses scanning sudah selesai dilakukan, kamu bisa melihat detailnya dengan mengklik anchor src pada bagian keterangan. Disana akan terlihat artikel mana yang mengalami masalah, jika sudah mengetahui sekarang masuk ke blogger.com temukan artikel yang mengalami masalah. Lihat juga bagian link mana yang mengalami broken Link. Edit artikel tersebut kamu bisa mengedit Hyperlinks dengan url baru atau menghapusnya agar broken link bisa dihilangkan.

Lakukan juga pada broken Link yang lain, mungkin pada blog kamu menemukan lebih dari satu broken link. Biasanya sih, ada lebih dari satu. Hapus semua broken link yang ditemukan. Kamu bisa menghapusnya secara berurutan.


Tools BrokenLinks Chekers adalah robot crawler yang bisa merayapi sendiri semua dokumen yang ada pada blog kamu. Jadi jangan heran kalau setelah penggunaan kamu melihat adanya peningkatan traffik/visitor secara signifikan pada halaman statistik blogger.


Broken links bisa menyebabkan rank turun dan user experience yang buruk

Broken Link bisa membuat situs kita terlihat seperti usang tidak pernah diperbarui dan juga dianggap sudah mati, selain membuat blog terlihat usang broken Link juga membuat kualitas blog kita menjadi berkurang. Google sendiri mempunyai algoritma khusus yang bisa mendeteksi hyperlink yang mati dari sebuah website. Hal ini Tentunya bisa berdampak terhadap rangking artikel kita dari hasil penelusuran.

akibatnya jumlah trafik yang masuk kedalam website kita jadi berkurang, pengunjung pengunjung juga tidak menyukai link mati. Bila suatu orang mengunjungi halaman blog sobat, namun halaman yang mereka cari ternyata sudah dihapus pasti sangat menjengkelkan sekali. Hal ini bisa memicu reaksi rasa kesal dan juga marah. Kemungkinan pengunjung tersebut enggan kembali lagi ke blog sobat. Sudah terbukti kok broken link bisa mengurangi jumlah audiens pada blog kita.

Beberapa situs web pakar SEO mos misalnya akan menilai dan menggolongkan situs web yang memiliki banyak broken links ke dalam daftar spam. Spam dinilai dalam hitungan persentase. Kamu bisa melihat hasil analisi di websiteseocherker.com pada tools DA PA cheker. Penilaan setiap pakar berbeda-beda google juga tidak menggunakan skala ukur yang sama.


Penyebab terjadinya Brokenlinks pada dunia website

Broken link memang wajar, sebab tidak selamanya website itu bisa online. Dalam dunia website kita menyewa hosting sebagai tempat menyimpan berkas-berkas yang dibutuhkan, kemudian menyewa nama domain sebagai penerjemah alamat ip yang berbentuk angka menjadi lebih terbaca. Semuanya membutuhkan biaya operasional, nah bila suatu organisasi/individu tidak membayar lagi biaya sewa tersebut maka akun mereka bisa ditangguhkan atau dihapus.

Konten yang dihapus oleh pengguna juga menyebabkan broken link, misalnya ketika kamu membuat sebuah threads atau halaman baru pada blog maka akan tercipta url baru dan kemudian menghapusnya. Secara otomatis url yang tercipta sebelumnya akan terhapus juga, halaman sudah hilang di hosting sehingga menyebabkan broken link.

sebenarnya ada banyak sih yang menyebabkan broken link, nggak cuma halaman dihapus saja. Url yang tidak ter sinkronisasi dengan sertifikat yang yang baik bisa menyebabkan terjadinya broken link. Kemudian url yang tidak boleh di akses oleh publik atau forbidden menyebabkan broken link. Server mengalami gangguan atau down sementara. Banyak sebab yang bisa menyebabkan suatu url tidak bisa diakses.


Bagaimana cara mencegah BrokenLinks di kemudian hari?

Untuk menghindari terjadinya broken link yang besar di masa mendatang, sebaiknya kamu tidak menyertakan lebih banyak hyperlink dalam sebuah artikel. Hindari juga menambahkan hyperlink eksternal atau link yang mengarah ke situs lain, faktanya tidak semua nama domain yang kita pasang itu berumur panjang. Guna mencegah kerusakan yang lebih serius tambahkan atribut noopener dan nofollow pada backlink yang kamu sertakan dalam sebuah artikel.

Broken link meski tidak terlalu berbahaya tetapi masih tetap aja membuat banyak orang jengkel. Broken link juga tidak disukai oleh mesin pencari karena dinilai halaman tersebut sudah usang, situs web yang banyak mengandung broken link biasanya sering muncul pada bagian terakhir dari hasil penelusuran. Itulah sebabnya seorang praktisi seo sekalipun harus menangani masalah broken link dengan serius.


Oke sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara optimasi seo off page agar situs kita terkesan lebih keren di mata google. Saya pastikan kamu memahami topik bahasan yang aku buat pada halaman ini. Adanya broken link ini sangat mengganggu sekali, tapi jika tidak menyertakan hyperlink yang mengarah ke artikel lainnya juga tidak menyenangkan. Sebaiknya periksa secara rutin broken link yang ada pada situs blog kamu minimal 1 kali dalam seminggu. Tergantung aktivitas, kalau kamu mampu memproduksi lebih dari satu artikel dalam sehari itu artinya proses pengecekan broken link harus ditingkatkan lagi.

Menyematkan hyperlink dalam sebuah postingan atau artikel itu merupakan hal biasa, namun tidak selamanya url tersebut selalu online. Misalnya ketika kamu menambahkan hyperlink yang mengarah ke artikel lain dari satu halaman website kamu. Tapi beberapa hari kemudian tiba-tiba kamu menghapus artikel tersebut, maka hyperlink yang kamu tambahkan sebelumnya akan menjadi broken link. Notifnya adalah 404 halaman tidak ditemukan. Cukup sampai disini semoga kamu paham.

Ditulis oleh Gea Putri, ditinjau oleh Sagita. Artikel ini lulus kode tag Instan artikel tanpa error.

Advertisment