Tips mendapatkan ide artikel setiap hari

Tips mencari ide artikel blog dengan mudah

Menjadi blogger bukan hanya sekedar menulis, dan terus ditinggal. Tapi melainkan adalah sebuah konsistensi, mempunyai blog sendiri agar bisa terus berkembang setidaknya kita bisa membuat satu artikel dalam sehari tanpa absen. Membuat artikel memang tidak mudah, itulah sebabnya artikel blog bisa berhaga mahal dibandingkan jasa penulis. Artikeo Seo 1000 kata dijual dengan harga Rp 25.000, lumahan mahal nggak tuh? Mahal banget kan. Karena harganya cukup mahal, lebih murah kita produksi sendiri. Lagian membahas suatu perkara dengan konsep karangan dan opini lebih mudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone.

Ada kalahnya kita kehabisan ide dalam menulis blog, tapi kebanyakan dari kita tidak menyadari apa yang menyebabkan kita sendiri kehabisan ide. Padahal informasi itu bentuk nya beragam, nah dibawah ini aku sebutin semua bagaimana caranya agar kita tidak pernah kehabisan ide dalam membuat artikel setiap hari. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kita kehabisan ide, bisa karena kurang motivasi, sedang dalam suatu masalah, atau pekerjaan yang padat. Bila kamu tidak bergantung pada blog absen menulis artikel selama beberapa hari tidak ada salah nya kok, tapi buat kamu yang bergantung pada blog wajib banget menjada konsistensi sebagai penulis.


1. Bangun blog dengan 1 atau dua Niche

Dalam dunia blogging, niche disebut juga sebagai topik atau pokok bahasan utama (Konten utama). Membangun blog dengan beragam topik bahasan bisa membuat kamu bingung akn apa yang ingin dibahas ke depanya, tapi justru sebaliknya jika kamu hanya mengenmbangkan blog dengan satu topik saja ide artkel akan terus berdatangan selama kamu menulis. Misalnya blog yang membahas aneka resep masakan, nah resep masakan itu ada banyak jenisnya. Pastinya kita tidak akan kehabisan ide dalam membuat artikel, pastikan juga topik yang dibahas sama dengan minat yang kamu suka.

Kebanyakan orang memasakan kehendak, misalnya suka membahas beragam topik yang tidak disukai. Pembahasan seperti ini justru salah, artikel yang dibahas bisa jadi berantakan. Selain itu pokok pembahasan atau informasi yang diberikan bisa saja salah (Missonformasi). Jangan biarkan fikiran anda dibawa oleh hawa nafsu sehingga mengikuti keinginan, sebaiknya fokuslah dalam satu topik dulu, jangan terpancing membuat banyak topik bahasan. Biasa sih anak jaman sekarang, kalau ada yang trending pasti dibahas. Padahal itu bisa merusak konsistensi kita sebagai blogger, konten trending memang bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi tapi hanya sesaat.


2. Perbanyak membaca

Blogger itu bukan hanya sekedar penulis tapi jurnalistik, dengan membaca kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman baru. Saya sendiri sebagai seorang blogger juga mengikuti halaman blog lainya di sosial media, dengan begitu saya bisa membaca topik-topik sama sesuai dengan minat saya. Artikel yang saya terbitkan setiap hari dalam blog adalah hasil dari inspirasi membaca, satu hari saya menghabiskan banyak waktu untuk menbaca. Lebih dari 30 artikel dibaca dalam satu hari nya, sehingga nggak heran dong kalau saya bisa mendapatkan ide artikel untuk esok hari. Follow beberapa halama sosial media blog atau situs lainya yang kamu kamu sukan dan juga membahas topik yang sama dengan topik bahasan pokok pada blog mu.


3. Asah pola fikir dengan eksperimen

Kebanyakan artikel opini adalah hasil dari eksperimen pola fikir seseorang, pengalaman-pengalaman beberapa bulan sebelumnya bisa menjadi landasan sebuah opini. Opini itu menyangkut pendapat seseorang akan suatu hal, dengan membuat artikel opini kamu bisa mendapatka ide yang muncul dengan sendiri nya saat berfikir. Opini sifatnya luas, dia bisa muncul kapan saja kita mau. Sebagai contoh, saya adalah seorang pengelolah blog dengan banyak topik. Karena sudah kehabisan ide saya merangkai artikel opini berdasarkan apa yang sudah saya pahami sebelumnya.

Artikel opini masih tetap berisi informasi penting, biasanya opini terdiri dari pendapat atau inspirasi seseorang. Jadi walaupun pendapat belaka masih bisa dijadikan sebagai sumber informasi. Dalam penerapanya berikan label "opini" agar suatu saat kita lebih mudah menyunting artikel tersebut apabila ada kesalahan dalam penyampaian informasi.


4. Buat artikel pengalaman

Setiap hari kita selalu menjani beragam aktifitas, nah kemungkinan salah satu satu dari aktifitas kita sebelumnya berhubungan dengan topik blog yang kita bahas. Saya ambil contoh kamu punya blog resep masakan dan kuliner, kemarin kamu sempat mencoba memasak. Ide dari pengalaman memasak tersebut bisa dijadikan pembahasan, pengalaman itu sangat berharga sebab semua pengetahuan yang ada di dunia ini didasarkan dari sebuah pengalaman. Tanpa uji coba dan tanpa pengalaman sudah pasti Nasa / Perusahaan antariksa Amerika serikat tidak bisa pergi ke bulan. Beberapa artikel di blog yang sedang kamu baca saat ini berasal dari pengalaman, pengalaman memberikan ide setiap hari untuk Blog Gea Putri.


5. Buka Jasa Promosi

Jasa promosi biasanya berupa konten placement atai konten review yang mempromosikan bisnis atau jasa orang lain. Antara konten placement dengan Konten Review yaitu kalau placement kan orang lain yang ingin mempublikasikan konten mereka pada blog kita, jadi tidak perlu capek menulis. Sedangkan kontem Review adalah kita mempromosikan produk orang lain dengan cara mereview nya. Disini ada nilai, kalau blog kamu berkualitas seorang meminta jasa tersebut harus membayar sejumlah uang sebagai bagian dari endorsment atau biaya pasang iklan. Salah satu contoh yang menerapkan konsep strategi seperti ini adalah blog mastimon.com, satu content placement dihargai Rp 150.000,-


6. Rewrite atau tulis ulang Artikel orang

Langkah terakhir agar blog bisa tetap selalu konsisten dalam mempublikasikan artikelnya, yaitu dengan menulis ulang artikel orang lain dengan bahasa dan kalimat kita sendiri. Menulis ulang konten tidak termasuk ke dalam pelanggaran hak cipta, situs web berita sekalipun sangat sering mengutip sebagian atau menulis ulangkan artikel dari situs lainya. Dalalm konsep rewrite yang penting kamu perhatikan adalah sumbernya, jangan hanya fokus pada satu artikel saja tapi carilah minimal 3 artikel yang membahas informasi sejenis. Hal ini bertujuan agar, artikel turunan yang kita buat memiliki nilai tambah lebih dari pada sumber nya.

Artikel dengan nilai tiruan yang sama bisa membuat orang lain marah, tapi tetap selama kamu menggunakan bahasa sendiri artikel kamu bisa dinyatakan tidak melanggar. Konsp menulis ulang ide beda dengan copy paste, menulis ulang ide hanya akan menambah jenis konten yang sama. Agar bisa lulus dalam persaingan tambahkan lebih banyka informasi ke artike hasil tulis ulang.


7. Ikuti situs web serupa yang membahas Topik sama.

Seperti yang pernah aku bilang sebelumnya dengan membaca kita bisa mendapatkan ide segar setiap hari, kemungkinan banyak yang belum mengetahui. Jangan ragu buat memfollow atau memasang email berlangganan pada situs web kompetitor. Disana kamu bisa membaca artikel yang sama dengan topik blog yang kamu buaat. Saya sebagai blogger juga aktif kok dalam blog serupa dengan konten bahasan yang sama.

Artikel mereka yang terbit pertama kali bisa kita jadikan bahan pertimbangan. Situs berita bisa mendapatkan ide segar karena mereka selalu mengikuti info terbaru pada situs web kompetitor.

Demikianlah tips mendapatkan ide artikel setiap hari agar blog yang kita kelolah bisa selalu update dan mendapatkan trafik setiap hari. Dengan artikel terbaru bisa bikin kualitas blog menjadi semakin baik dan semakin kaya akan konten. Terimakasih sudah membaca catatan ini yang diterbitkan oleh Gea Putri selaku penulis utama dari blog gea.

Advertisment