Dapatin uang dari jualan artikel, simak tips nya

Cara menjual artikel dengan  baik dan benar

Menjadi jasa penulis dibagian perusahaan atau ikut orang lain itu memang melelahkan, selain membutuhkan keterampilan menulis kamu juga butuh kedisiplinan dalam menbuat artikel. Mereka butuh penulis yang handal, bisa membuat artikel unik dan enak dibaca. Ada juga situs web yang menawarkan jasa tulis dan kemudian membayar penulis nya berdasarkan bagi hasil dari jumlah view, babe membayar penulis berdasarkan jumlah view, demikian juga dengan situs web klikmania.

Karena dibayar per view terkadang kita malas bikin artikel, tapi kali ini aku mau ngajarin gimana caranya biar artikel kamu laku. Satu artikel 1000 kata bisa dijual dengan harga 10ribu bahkan lebih tergantung dengan kualitas artikel, kamu bisa bahas topik bebas sesuai dengan minat. Bisa topik keluarga, topik travel, atau juga wisata, saran ya jangan cari topik tutorial. Karena semua orang rata-rata bisa buat sendiri, topik tutorial sudah banyak.


1. Cara membuat Artikel Menggunakan Android (Tanpa Teks Notes/Memo).

Download Aplikasi X-Plore di Playstore, klik new file kasih nama misalnya "Rekomendasi wisata kuliner di bali", Terus kamu ketik deh. Kalau menggunakan laptop enaknya di MS.Word, disana fitur lengkap kamu bisa mengetik dengan mudah. Buatlah artikel 1000 kata dengan gaya teknik pembahasan sesuai selera kamu.

Satu hal yang harus kamu ingat, jangan terburu-buru dalam membuatnya. Usahakan artikel yang kamu ketik berkualitas baik dan enak dibaca, aku saja butuh waktu 2-3 jam bikin satu artikel 1000 kata dengan berbagai subjek pembahasan. Setiap line paragraf ada sebuah cerita yang berisikan informasi, karena butuh waktu lama artikel bisa diselesaikan dalam waktu 2 hari.

Sama seperti membuat kliping atau buku, setiap artikel dilengkapi dengan gambar, media berupa video, atau tabel infografik unik. Letak kesulitanya ada pada data, kamu harus mencari info dari berbagai sumber yang nantinya dimasukan ke dalam artikel. Pastikan tidak menggunakan material yang mengandung hak cipta, berbahaya walaupun sudah memberi sumber.

Buatlah 5-10 artikel dengan topik yang sama, minimal 1000-2000 kata biar harganya mahal. Agar seimbang samakan topik pembahasan, misal ide kuliner tetap bahas kuliner walaupun berbeda tempat dan jenisnya. Kalau sudah selesai 10 artikel, nanti kamu bisa dijual. Gabung ke Group Blogger indonesia, disana coba tawarkan artikel yang sudah kamu buat.

Biar banyak pembeli jangan gunakan harga pasaran, harga pasaran artikel 1000 kata memang mahal. Mangkanya jarang ada yang mau beli, jual aja 10ribu satu artikel jadi kalau laku semua dapet uang 100ribu.

Metode pembayaran bisa menggunakan E-Wallet seperti Ovo, Dana, dan LinkAja bebas biaya fee. Jangan menggunakan jasa rekber, karena terlalu ribet. Cukup jual dengan orang yang butuh saja, bisnis ini bisa berkelanjutan. Sebab pembeli kemungkinan akan berlangganan, apalagi harga artikel yang ditetapkan lebih murah dibanding kompetitor.

Sebenarnya dengan satu artikel itu kita bisa mendapatkan uang lebih banyak dari 10ribu. Caranya dengan membuat blog sendiri, di Blog Gea Putri ada lebih dari satu artikel yang membahas tata cara membangun blog dari awal hingga selesai. Juga ada panduan memonetisasi blog agar bisa mendapatkan uang, tapi jalan tercepat untuk mendapatkan uang dari jasa penulis yakni dengan berjualan artikel.


2. Menawarkan artikel ke Para pemilik Blog di Komunitas Blogger

Kebanyakan laris atau tidak nya artikel ada pada kepercayaan dan kualitas, oleh karena itu kamu jangan malas nulis dan pelit sama artikel. Buatlah sebuah fanspage di facebook, nah disana cobalah berkarya dengan membagikan artikel fresh segar minimal 700-800 kata. Buat sebuah pengumuman di fanspage tersebut kalau kamu menjual artikel dengan harga murah, sematkan di bagian atas halaman agar semua orang bisa melihat jasa kamu.

Pengjunjung nantinya akan suka dengan sendiri, apalagi kalau fanspage nya rajin update artikel setiap hari. Seiring waktu kalau sedang banyak job, usahakan fokus saja. Pelanggan banyak kan, nah nanti kamu pasti butuh waktu yang lebih lama lagi. Disinilah rintangan terberat bagi jasa penulis artikel. Seiring meningkatnya peminat kualitas bisa jadi turun, kalau kamu masih mau mempertahankan bisnis menjual artikel pertahankan kualitas dan harga.

Orang mau membeli karena harganya lebih murah, juga kualitasnya bagus. Kualitas artikel tidak ditentukan seberapa SEO artikel tersebut, tapi semakin unik dan banyak informasi dalam nya. Jarang-jarang website membuat artikel sampai 2000 kata, dan nggak ada juga kompetitor yang mau jual artikel 1000 kata 10ribu. Biasa dijual dengan harga 15-27ribuan, kenapa kita menjualnya dengan harga gope? Sebab daya beli anak indonesia kecil mereka rata² kekurangan uang.

Kalau kamu ingin harga artikelnya bernilai mahal, kamu bisa mempertimbangkan kualitas artikel. Kualitas artikel bisa dicapai dengan risset, kamu merangkai kata demi kata sesuai dengan kalimat kata kunci yang sedang trending (paling banyak di cari). Topik nya juga tidak sembarang, artikel SEO seharusnya mempunyai topik trend dengan pembahasan yang lebih rinci, kalau punyaku artikel 2000 kata sudah dianggap berkualitas, semetara artikel dengan jumlah 800 kata bahasa indonesia dihargai 10.000, untuk artikel yang berkualitas bisa lihat tabel dibawah.

Tabel Daftar Harga Artikel
Jumlah KataHarga (Rp)
300 5.000
400 10.000
500 11.000
600 12.000
700 15.000
800 17.000
900 18.000
1000 24.000


3. Rekomendasi alat kerja, Cukup gunakan apa yang ada.

Kalau punya Komputer atau Notebook pribadi bisa lebih mudah lagi, gunakan aplikasi PowerPoint buat mengetik. Disana juga bisa memasukan gambar, video, maupun tabel grafik. Di android juga bisa kok, rekomendasi app khusus android bisa bermodalkan X-Plore atau teks editor biasa. Menulis tidak langsung selesai, ada waktu jedah nya.

Aku biasanya di awal menulis 2-3 paragraf dengan jumlah kata 300-400 kata. Besok atau kalau ada waktu senggang dilanjut lagi, jadi ada waktu jedah nya. Ngga selalu nulis terus sampe bosen ya nggak, menulis semua hal sesuai menat akan lebih cepat lagi. Sebab kita nggak perlu kemampuan berfikir, semua kalimat yang akan diketik akan dikeluarkan sesuai dengan pengalaman yang kita miliki.

Gambar Gratis bisa di unduh di situs web pixabay.com, bebas hak cipta. Kamu bisa mencari gambar yang sesuai dengan ide atau isi cerita artikel yang dibuat. Tapi terkadang kita nggak nemu gambar yang cocok, nah disini kita bisa mengambil sendiri gambar dengan kamera HP. Contohnya nih aku Review kuliner abang bakso, pasti donk aku ambil foto gerobak sama baksonya hehehe.


4. Hitung penghasilan dan pencapaian bulanan

Dibandingkan pekerjaan biasa membuat artikel rumitnya berkali lipat, kegiatan mengetik tidak cuma melibatkan tangan dan hanya duduk santai semata. Tapi kita melibatkan sebuah fikiran, semua ide gagasan yang akan diketik harus terfikir dan kalaupun kita membuat artikel dalam konteks SEO susahnya nambah lagi. Sebelum melakukan penulisan kita harus melakukan risset secara mendalam terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengentahui apa saja topik yang sedang trend.

Penulisan artikel SEO selain human friendly topik juga di sesuaikan dengan pasar ( Pencarian terbanyak Google), itulah sebabnya harga artikel lebih mahal dibanding biasanya. Kebanyakan dari mereka yang tidak sanggup membeli artikel lebih mengutanakan menyewa jasa penulis, jasa penulis biasa dibayar 2.5 juta dalam satu bukan daripada membeli hasil karya orang lain yang harganya mahal.

Aku sehari bisa memproduksi 5 artikel dengan jumlah kata 1000-1500 kata, pekerjaan dilakukan selama 7 jam sehari. Semuanya tidak melibatkan tangan, kalau menggunakan tangan jelas pekerjaan tidak cepat selesai. Sebagaian aku menggunakan Voice Note, sejenis software yang bisa merekam dan menuliskan suara ke dalam teks. Artikel dalam bentuk cerita lebih banyak menggunakan voice recorder dibandingkan menggunakan ketikan keyboard.


5. Tips agar bisa menulis lebih banyak topik bahasan

Seorang penulis harus mempunyai motivasi dan pengetahuan yang tinggi, kemampuan motivasi bisa diasah dengan cara banyak membaca. Jika kamu berminat menjadi penulis, sebaiknya manfaatkan waktu luan uuntuk membaca karya tulis yang sudah banyak beredar di internet. Artikel dalam karya tersebut kemungkinan besar bisa menginspirasi kamu, misalnya ketika kamu ingin menulis artikel konsep berita Netizen Jurnalis. Pastinya kamu harus mempunyai lebih banyak informasi yang ingin disampaikan.

Dengan membaca kita bisa mendapat lebih banyak imformasi yang dibutuhkan untuk membuat karya tulis. Karya tulis dalam bentuk opini maupun catatan biasa nilainya lebih rendah daripada konten SEO.


2. Cara mendapatkan kepercayaan dan meyakinkan pembeli

Karena banyak beredarnya kasus penipuan transaksi secara online kita jadi semakin sulit mencari kepercayaan calon pembeli. Untuk menjamin kepercayaan para pembeli kamu bisa membuat profile Porfolio diinternet. Buatlah karya di Kompasiana.com, tempat menulis artikel gratis bisa juga di Quora dan Medium. Buatlah beberapa karya tulis orisinil yang unik, publikasikan disana. Gunakan kata kunci dan nama pribadi dalam biodata, ini tentunya akan memudahkan calon pembeli menemukan identitas kita.

Salah satu orang yang sangat menginspirasi dalam karya tulis adalah Mas Candra Bii. Dia bekerja dalam bidang Press Release, dan juga merupakan seorang penulis di beberapa situs media lokal seperti Tribunnews, Detik, Kompas, Kumparan dan lainya. Ketika kita mengetik kata kunci di google "Candra Bii" maka akan muncul ribuan karya tulis dia diberbagai situs web ternama. Cara ini digunakan oleh mas Candra Bii untuk meyakinkan calon pelanggan. Saya sendiri juga menilai dia adalah orang yang profesinal dalam jasa tulis.


Jika satu hari bisa menjual 5 artikel dengan harga 15ribu, itu artinya aku bisa mendapatkan uang 75ribu dalam sehari. Kalau sudah ada pelanggan jadi lebih enak lagi donk, kalau artikel yang kita kerjakan bagus biasanya sih begitu pembeli bisa jadi pelanggan tetap. Menjadi penjual artikel dan jasa tulis adalaj bisnis mandiri, tapi bila ada yang tertarik buat menyewa jasa kamu dalam waktu lama lebih bagus lagi. Jasa tulis sangat dibutuhkan oleh Blogger.

Advertisment