Tips lebih produktif saat bersosial media

Main sosial Media

Apakah kamu termasuk orang yang kecanduan gadget? Ya orang yang kecanduan gadget hampir setiap hari tidak bisa lepas dari membuka gadget. Sayang banget kalau waktunya nggak dimanfaatin untuk kegiatan yang lebih produktif, iya sih dengan perkembangan teknologi digital yang sekarang ini semakin canggih membuat perubahan yang besar terhadap pola hidup kita di masa sekarang. Kalau dulu kita menghabiskan waktu dengan bersosialisasi di luar rumah, tapi sekarang berkat adanya gadget kita lebih betah berdiam di rumah. Social media juga menambah angka jumlah anak yang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah.

Ada alasan kenapa kamu harus lebih produktif ketika menggunakan gadget, terlalu sering menggunakan gadget membuat kita lupa akan tugas kita sehari-hari yang wajib kita penuhi. Gadget membuat kita selalu penasaran dengan apa yang terjasi di internet, apalagi notifikasi sosial media yang setiap hari selalu ada dan tiada habisnya. Bayangkan jika sehari saja tanpa menggunakan gadget pastinya hidup akan terasa hampa dan sepi. Sebaiknya kamu memanfaatkan gadget kita untuk keperluan yang lebih produktif, dengan begitu kita bisa menghemat waktu menjadi dan uang atau juga manfaat fungsi smartphone sepenuhnya.

Jaman sekarang sudah serba canggih, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan melalui gadget, beberapa tahun lalu sebelum populer nya era sosial media kita melihat orang yang menggunakan smartphone atau ponsel disebut sebagai orang kaya atau keren. Tapi di pada masa sekarang anak remaja yang kecanduan gadget bisa saja dikategorikan sebagai pemalas atau juga nakal.

Gadget sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari, jika kita tidak memanfaatkannya dengan baik gadget bisa saja membuat hidup kita jauh lebih buruk. Dengan gadget kita bisa mengakses internet dengan mudah, di internet ada banyak sekali informasi yang tersebar secara luas. Baik informasi negatif maupun positif, namun terlepas dari masalah itu internet jauh lebih menakutkan dibanding yang kita ketahui.

Nggak perlu jauh-jauh, kita ambil contoh aja media sosial. Sosial media dipenuhi dengan konten kontent yang tidak mendidik, kekerasan, pelecehan, dan dan juga ujaran kebencian. Sosial media juga tidak bisa menjaga privasi kita tetap aman tapi kita sendiri yang menentukan, dunia digital punya jejak tersendiri jadi hati-hatilah dalam ber sosial media. Berikut ini ada beberapa tips dari aku agar kamu bisa lebih produktif dalam menggunakan gadget.


1. Cukup Install App yang kamu butuhkan

Percuma menginstal lebih banyak aplikasi namun kamu tidak membutuhkannya, pada akhirnya smartphone kamu akan mengalami kekurangan memori penyimpanan. Cukup install aplikasi yang kamu butuhkan saja, hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan, jangan pernah menginstal aplikasi yang tidak kamu butuhkan.

Tahu nggak kenapa iphone paling banyak diminati? karena dia tidak menyematkan lebih banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan, aplikasi terpenting yang wajib ada di dalam hp yakni: aplikasi jam dan tanggal, aplikasi untuk berkomunikasi, aplikasi manager, dan beberapa aplikasi editor lainya, khusus sosial media kamu cukup menginstal satu aplikasi saja.

Terlalu banyak menggunakan sosial media bisa membuat kita menjadi stres, dan selalu ketergantungan akan sosial media. Untuk aplikasi sosial media paling populer. Aku rekomendasiin adalah facebook. Di facebook kamu tidak wajib menggunakan akun pribadi untuk berbagi, tapi bisa menggunakan halaman penggemar yang bisa menjaga privasi jadi lebih aman.


2. Nonaktifkan notifikasi pada smartphone

Notifikasi yang ada pada layar smartphone bisa membuat kita stres sekaligus ketergantungan, adanya notifikasi ini bisa membuat kita selalu penasaran ingin melihat apa saja yang ada. Mematikan notifikasi bisa membuat kita lebih tenang dan tidak selalu memikirkan hal-hal yang tidak diinginkan seputar media sosial.

Ketika anda berkunjung pada suatu website ada kalahnya website tersebut meminta izin untuk menayangkan notifikasi pada perangkat anda, sebaiknya anda tidak memberi izin terhadap situs manapun untuk memasang notifikasi pada layar smartphone anda. Sebenarnya notifikasi pada situs web tersebut sangat mengganggu dan itu adalah iklan yang tidak menyenangkan untuk dilihat. Itulah sebabnya kamu wajib memblokir notifikasi dari situs manapun terkecuali situs web yang menurut kamu penting.


3. Jangan buang waktu dengan Bermain Game/Sosmed.

Alih-alih menghabiskan waktu dengan melihat feed di sosial media, bermain game kamu bisa menjadikan smartphon sebagai alat produktifitas. Kegiatan produktif bukan hanya sekedar Kontent Kreator saja, masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan menggunakan gadget. Gadget yang dilengkapi dengan fitur canggih dan akses internet yang stabil bisa memudahkan aktifitas kita sehari-hari, misalnya dalam proses berjualan kita bisa menjangkau lebih banyak orang dengan mempromosikan bisnis kita secara daring.

Selain bisnis, kamu juga bisa menjadi konten creator kreatif dengan membuat video video unik yang mengedukasi atau sekedar catatan² yang bisa dipublikasikan di blog pribadi. Dalam dunia digital sekarang, content digital sangat berperan penting dalam dunia media. Nggak mau kalah perusahaan televisi sekaligus berlomba-lomba membuat Kontent mereka tersedia secara luas di internet.

Blog Gea putri setiap hari membagikan tips kepada pembaca yang tentunya banyak mengandung manfaat, terlepas dari itu penulis bisa mendapatkan uang dari hasil penayangan iklan. Penulis bisa menjual content dan bisa juga memasang iklan pada blog pribadi mereka. Sebenaranya jika kita punya konten sendiri ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan.

Ponsel juga bisa digunakan untuk mengabadikan momen berharga yang pernah anda lihat, apalagi saat ini teknologi kamera smartphone yang makin hari makin canggih. Bisa kamu manfaatkan sebagai fotografer. Kamu bisa mengambil gambar yang original dan bagus, kamu bisa menjualnya di situs web penjualan gambar terpopuler yakni shutterstock.com. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan uang dari hasil kegiatan mengambil foto.


4. Hindari kegiatan tak penting dengan HP

Ada banyak kegiatan buang-buang waktu yang kita habiskan setiap hari dengan dengan bermain smartphone, misalnya menghabiskan waktu dengan menonton youtube tanpa batas, membuang-buang waktu tanya dengan scroll² beranda facebook. Tentunya sayang banget kalau waktu di buang-buang hanya untuk kegiatan yang tidak berguna.

Selain buang-buang waktu bermain hp juga buang uang, kenapa? Sebab kamu masih membutuhkan uang untuk mengisi paket data dan juga mengisi ulang daya baterai hp. Harga kuota tidak murah, harga listrik juga tidak murah. Dengan menjadikan hp sebagai alat produktivitas kamu sudah bisa memanfaatkan gadget sesuai dengan fungsinya.


Oke deh, internet sekarang jauh lebih rame dibanding beberapa tahun yang lalu. Pengguna yang semakin banyak berkat adanya gadget, konten yang lebih beragam, sampai kita sendiri nggak bisa hidup tanpa gadget. Kalau dilihat dari kebiasaan pola hidup jaman sekarang vs 8 tahun yang lalu, beda banget. Jumlah pengguna android masih sedikit, konektifitas jaringan internet belum stabil seperti sekarang. Anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain di luar rumah, di sawah, taman, kebun, cafe, pasar atau tempat keramaian. Tapi dengan hadirnya teknologi smartphone, secara garis besar mempengaruhi pola hidup manusia.

Dalam segi pengetahuan juga, soalnya anak jaman sekarang sudah banyak yang terpapar konten negatif lewat internet. Pengetahuan mereka bertambah lebih cepat tanpa diiringi dengan edukasi pemahaman yang baik. Membatasi kegiatan anak bermain gadget itu penting, agar anak kita nggak selalu ketergantungan dan terbebas dari paparan konten negatif yang bisa menghancurkan masa depan mereka.

Advertisment