Tips pemula agar nggak bosen ngeblog dan tetap semangat

Walaupun ngeblog seribut tahun kalau tak dikunjungi apa gunanya

Salah satu poin penting ketika memulai jadi seorang penulis blog adalah masalah konsistensi, terkadang kita sangat antusias dan semangat dalam menulis, terkadang juga malas-malasan. Masalah ini sebenarnya adalah masalah umum yang sering terjadi pada kalangan blogger, ketika sedang banyak ide pastinya semangat menulis. Ide bisa muncul melalui motivasi, misalnya ketika kita membaca, atau ketika kita bisa mendapatkan uang yang banyak dari blog. Tips ini didasarkan khusus pemula yang masih malas-malasan dalam menulis artikel baru, kalau mempunyai blog memang kita harus secara rutin menambahkan artikel terbaru agar blog yang dikelolah semakin lengkap.

Membuat blog lebih mudah, tinggal daftar saja dengan akun google di blogger.com jadi deh blog nya. Yang sulit itu menjaga blog dan mengelolah blog, aku sendiri punya beberapa blog yang harus selalu rutin di update artikel nya. Tidak hanya itu tapi terkadang hanya memperbaiki artikel yang sudah ada agar informasi yang terkandung didalamnya bisa jadi lebih lengkap. Artikel yang sudah dibuat butuh di manage ulang, bisa di edit atau sekedar di rapihkan, sama halnya seperti wikipedia yang selalu memperbaruhi artikelnya sesuai dengan kondisi terkini. Dibawah ini ada beberapa tips dari Kak Gea Putri, agar tidak malasa dalam menulis blog.


1. Bangun interaksi Audiens

Kunci semangat dalam menbuat konten adalah audien atau follower, buatlah halaman penggemar di facebook (fanspage) yang identik dengan situs web blog kamu. Halaman ini nantinya bisa digunakan untuk mengumpulkan pengikut - pengikut blog sekaligus sebagai sumber trafik, semangat dalam menulis akan timbul tersendirinya seiring dengan meningkatnya insight atau jumlah suka halaman. Dalam membangun fanspage / halaman penggemar jangan lupa untuk memfollow halaman serupa guna mendapatkan motivasi dan inspirasi dalam membangung konten yang berkualitas.

Situs web seperti Tribunnews, Kompas, Tirto, Kumparan, dan Birilo menggunakan halaman penggemar di facebook sebagai tempat untuk mendapatkan traffik. Itulah sebabnya mereka tetap untung walaupun trafik dari Google sering naik turun, facebook adalah salah satu sumber inspirasi dan tempat mencari audiens suatu situs web bisnis.


2. Undang beberapa penulis dalam 1 blog

Jujur mengelolah blog secara tunggal itu sangat tidak menyenangkan, memang bisa dilakukan. Tapi tidak efisien, banyak blog-blog terbengkalai yang sudah tidak lagi di update oleh pemiliknya karena bosan. Blog adalah bisnis berkelanjutan berbasis informasi, dengan nya kamu bisa mempromosikan bisnis, membuka usaha, dan juga menyampaikan anspirasi apapun dalam sebuah artikel. Tapi itu semua membutuhkan konsistensi, fikiran, dan juga waktu yang tidak sedikit.

Dengan mengundah beberapa penulis ke dalam blog, maka kamu bisa mengelolah artikel secara bersamaan. Beban yang tadinya terasa lebih berat bisa jadi ringan karena dibagi bersama-sama, beban blog itu adalah pemikiran dan juga waktu. Orang bisa dibuat stress karena memikirkan berbagai hal, belum lagi dia mempunyai masalah pribadi tersendiri yang harus diselesaikan.


3. Baca kembali artikel yang sudah dipublikasikan

Punya blog sendiri tapi nggak penah dibaca ya percuma, membaca artikel sendiri bukan karena terpaksa tapi karena kebutuhan. Misalnya hari ini kamu membutuhkan tips ini, dan kamu ingat beberapa bulan lalu pernah mempublikasikan artikelnya di blog coba deh baca. Membaca bisa mengingatkan kita kembali terhadap suatu karya yang pernah kita buat, terkadang muncul inisiatif ingin menyunting artikel tersebut. Tidak masalah, menyunting artikel adalah salah satu kegiatan baik agar artikel yang sudah dibuat nilainya bertambah. Gunakan fitur pencarian yang ada pada blog untuk menemukan artikel lama dengan topik yang kamu inginkan.

Tapi harap hati-hati bagi pengguna yang sudah memasang iklan Adsense, takutnya nanti malah terkena klik iklan sendiri tanpa disengaja. Sangat berbahaya, sebab bisa membuat akun Adsense kamu di suspend. Sebaiknya sembunyikan iklan pada halaman blog jika ingin mengaksesnya secara pribadi, adapun cara menyembunyikan iklan pada halaman blog sendiri agar tidak kena pelanggaran kebijakan akan saya posting di lain waktu.


4. Buat sebuah tujuan atau misi

Misi bisa membuat kita semangat dalam mengelolah blog, seperti kasus saya sebelumnya. Dulu pertama memulai blog saya punya misi ingin mencapai 100 artikel dalam waktu 3 bulan, dan senengnya misi itu tercapai dengan baik. Saat ini artikel yang aku buat beberapa bulan lalu (tahun 2020) sudah di jual, sebab domain blog yang aku kelolah sudah expired dan belum punya uang buat memperpanjangnya. Misi kedua ada lagi, sebelumnya aku memang kejar target mencapai penghasilan 100rb perhari secara stabil, tapi misi itu gagal karena adanya kesibukan lain. Nah bagi kamu yang sedang membangun blog baru, coba deh terapin misi dalam membangun sebuah artikel pada blog kamu.


5. Coba cari pengalaman baru (Rilexsasi)

Selalu berada didepan layar Komputer / HP membuat kita kehilangan semuanya, bisa kehilangan motivasi, teman, pekerjaan lain jadi terganggu dan masih banyak lagi deh pokonya. Cobalah sesekali hijrah dari layar LCD biru, lihat dunia luar dan coba lakukan berbagai hal yang kamu suka. Kegiatan ini bisa menjernihkan kembali pemikiran yang kacau efek memikirkan ide konten dalam blog. Refreshing dan relaxsasi juga bisa mendatangkan ide baru buat dijadikan artikel.

Cobalah kamu sedikit membuka google untuk mendapatkan rekomendasi ide topik bahasan terbaru, rajin lah membaca dengan membaca kita bisa mendapatkan inspirasi tentang karya yang akan kita buat selanjutnya. Akan lebih baik lagi bila kamu membuat content yang topiknya saling relevan satu sama lain. Misalnya blog yang membahas resep masakan, maka setiap hari pastinya kita mendapatkan ide resep masakan yang bisa kita bagikan di blog. Bisa bersumber dari pengalaman pribadi ataupun inspirasi dari situs web lain dengan syarat kamu harus menambahkan nilai nilai dibandingkan situmorang lain.


6. Gunakan Pengetikan suara Google Voice

Terkadang kita sering merasakan pegal pada jari tangan ketika selalu menekan papan keyboard, ada cara baru agar kita lebih mudah dalam membuat artikel. Aku merekomendasikan menggunakan google voice, kalau kamu menggunakan ponsel android install aplikasi jika keyboard dari play store. Jangan lupa untuk menambahkan tts (text to speech) bahasa indonesia kedalam ponsel android kamu. Sekarang kamu bisa membuat catatan kecil dengan merekam suara, aplikasi tts akan menerjemahkan suara ke dalam bentuk tulisan. Artikel yang sedang anda baca di buat menggunakan suara dan diterjemahkan oleh tts ke dalam bentuk tulisan.

Keunggulan mengetik menggunakan suara dibandingkan keyboard, ada pada kecepatan ketikan. Ketika kita menggunakan keyboard huruf dimasukkan satu persatu hingga membentuk kata dan kalimat. Sementara jika kita menggunakan input suara maka pengetikan langsung dikerjakan huruf demi huruf. Sehingga pekerjaan mengetik jauh jadi lebih cepat. Cara ini cocok bagi kamu yang ingin membuat karya tulis berupa novel dengan tulisan yang panjang.


7. Bangun Komunitas Branding

Kalau pada daftar di atas kita mengajarkan memperkenalkan personal branding, sekarang kamu wajib membuat komunitas branding sendiri. Penting bagi kita untuk membangun komunitas, sebab dengan komunitas ini kita jadi bisa mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan oleh pembaca setia blog kita. Salah satu blog yang memanfaatkan komunitas branding adalah nofa indonesia. Dia mempunyai grup di facebook dengan jumlah anggota 13000 orang, grup tersebut bisa digunakan untuk diskusi dan tanya jawab tentang content yang kita bahas.

Nah dari sini pastinya ada anggota yang bertanya setiap hari. Dari seutas pertanyaan tersebut bisa menjadi ide content bagai kita untuk membangun artikel baru. Membuat komunitas sendiri jauh lebih mudah memantau dan menagernya, dibanding kita harus membaca komentar satu persatu. Pengunjung blog mungkin mempunyai pertanyaan atas artikel yang kita terbitkan, namun terkadang mereka enggan berkomentar mungkin karena efek malas.

Facebook menyediakan kemudahan bagi setiap pengguna untuk memposting ataupun berkomentar. Dengan menggunakan sosial media facebook membangun komunitas grup branding, kita bisa mendapatkan ide topik bahasan setiap hari.


8. Lakukan Riset Analistik Blog, untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan.

Analistik Blog
Banyak orang yang tidak mengetahui apa kegunaan analistik yang dipasang pada blog, kita meletakkan tracker halaman untuk mencatat semua jenis pengunjung dan data lain yang dibutuhkan untuk dianalisis. Jadi tracker halaman bukan hanya untuk dilihat saja, ngomongin soal tracker halaman ada dua jenis rekomendasi situs web yang bisa kita gunakan. Pertama Google Analalistik dan juga Histats. Keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, tidak direkomendasikan menggunakan dua traker sekaligus. Karena bisa memberatkan loading halaman yang bisa mempengaruhi kualitas SEO kita di mesin pencari.

Kamu bisa menganalisis artikel mana yang mendapatkan lebih banyak visitor dan artikel mana yang perlu ditingkatkan kualitasnya agar bisa mendapatkan lebih banyak pembaca. Kalau kita menggunakan google untuk mendapatkan pengunjung, maka setidaknya kita wajib mengetahui ilmu tentang SEO (Search engine optimization).

Analisis juga bisa dibaca di webmaster Gogle Seach Console. Kita bisa mau monitoring kata kunci apa saja yang digunakan oleh orang lain untuk menemukan situs kita di pencarian google. Kata kunci yang terkumpul pada analistik webmaster google bisa kita gunakan untuk mengoptimasi artikel agar teramai pengunjung. Jika trafik blog kita banyak maka bisa meningkatkan pendapatan setiap hari. Meningkatnya pendapatan bisa membangun semangat yang lebih tinggi bagi kita untuk terus berkarya membuat artikel baru.


Oke semoga tips diatas bisa teman-teman pahami, hampir semua tipe yang saya posting di atas mempunyai manfaat tersendiri. Rasa bosan itu wajar, dan untuk menjaga konsistensi dalam mengembangkan blog tips diatas kuncinya, aku tidak asal menulis loh itu semua berdasarkan pengalaman tersendiri. Aku sudah mulai membuat blog dari tahun 2019, dan akibat tidak bisa menjaga konsistensi dalam mengembangakan blog sehingga blog yang aku punya telat perpanjangan domain sehingga diambil orang. Padahal blog tersebut sudah saya kelola selama satu tahun, jadi konsistensi itu penting untuk meningkatkan pendapatan.

Advertisment