Begini teknik promosi media sosial marketing buat Olshop

Tips membuat Olshop

Gea Putri - Selamat pagi kak, artikel ini ditulis pada pagi hari baru habis berkemas juga nih taunya gea punya ide sendiri. Akhir-akhir ini banyak banget temen yang jadiin akun facebook pribadinya sebagai akun olshop atau akun buat promosi, padahal kegiatan seperti ini justru salah yah. Kebanyakan daftar teman atau follower di akun kita akan kabur, gagal deh dapat pembeli capek promosiinya pembelinya sedikit. Ada loh tips lain agar produk yang kita jual laku keras, mau tau gimana caranya? Nih gea bocorin tipsnya.

Pertama buatlah akun sosial media bisnis, kalau di fb namanya fanspage (halaman). Lengkapi halaman kamu dengan nama, deskripsi, nomor whatapps, dan juga link website kalau ada. Halaman bisnis produk tentu saja pasti sedikit penggemar, nah agar lebih banyak penggemar kamu bisa membuat konten berupa video promosi menarik dari produk yang kamu jual.

Produk makanan bisa dibikin konten video mukbang, dimana ada seorang host yang makan kuliner jualan kamu terus kamu videoin. Dalam video tersebut seorang host harus bisa meyakinkan kalau kulinernya memang benar enak, ambil juga lebih banyak gambar kuliner yang menggugah selerah. Yakin deh video kamu bakalan rame, perlahan-lahan pembeli juga akan berdatangan.

Strategi pemasaran kedua sama saja, masih tetap dengan fanspage facebook tapi dengan konsep yang berbeda. Buatlah beberapa kalimat kuotes tentang produk yang kamu jual, dalam sebuah kuotes unggulkan apa saja keuntungan ketika membeli produk tersebut.

Contohnya sisiliah, akun fb satu ini rajin sekali mempromosikan produk di wall pribadinya. Sayang banget orang yang lihat itu-itu saja, ya memang benar karena yang melihat post hanya teman mereka saja. Alhasil produknya lebih lambat laku, bagaimana kalau dipromosikan pada sebuah fanspage? Tentu saja jangkauanya bakalan lebih luas lagi.

Sosial media marketing terbukti bisa meningkatkan penjualan, tapi dengan teknik promosi tertentu. Owner kedas beauty bisa mencapai penjualan terbanyak dengan berpromosi giveaway, walaupun awalnya menggunakan akun pribadi owner ini mengadakan giveaway dengan sistem berantai. Dimana peserta harus membagikan postingan giveaway ke beberapa grup tertentu sehingga orang yang melihatnya jauh lebih banyak.

Setiap kali closing kamu pasti bakalan menggunakan ekpedisi pengiriman barang, nah ongkos kirimnya juga ditanggung oleh pembeli. Pentingnya bagi kamu memahami sistem pengiriman barang lewat jasa pengiriman, biar bisa menentukan berapa harga biaya pengiriman. Di indonesia ada beberapa ekspedisi yang populer diantaranya JNT, JNE, dan Grab kamu bisa menggunakan salah satu layanan ekspedisi pengiriman.

Jualan online memang harus memperoleh banyak penjualan tidak perlu khawatir tentang pembeli mau berasal dari mana saja, kalau kamu hanya ingin menjual produk di sekitar wilayah setempat manfaatkan marketplace. Facebook punya fitur lain sebagai media untuk mempromosikan barang dagangan, fitur ini dinamakan marketplace. Untuk setiap wilayah marketplacenya berbeda-beda, biasanya disebut juga dengan Forum Jual Beli Facebook. Pastikan kamu bergabung dengan komunitas jual beli di wilayah kamu sendiri, gabung ke lebih banyak forum untuk mencapai tingkat penjualan yang lebih.

Kalau sudah publikasikan iklan kamu lewat fitur marketplace, secara otomatis post akan disebar ke beberapa forum jual beli facebook. Teknik berjualan seperti ini memang lebih bagus buat mencapai pelanggan, iklan bisa bertahan sampai seminggu lebih. Kamu wajib memperbaruhi iklan agar tetap tayang, tandai produk lama sebagai habis terjual kemudian publikasikan iklan baru di marketplace.

Dengan mempromosikan produk secara benar dan tepat kita bisa mendapatkan pembeli yang lebih banyak, sebaliknya memposting produk di wall pribadi secara terus menerus bisa menggaggu kenyamanan orang yang sedang berteman dengan akun sosmed kita. Jujur aja, gea juga gak suka tuh sama temen yang setiap hari postinganya promosi mulu. Bukan tertarik buat beli tapi malah ilfil pengen unfollow saja, kan jualanya jadi gak laris donk.


Memahami Konsep Dasar sosial Media Marketing

Sosial media itu adalah tempat hiburan, setiap hari orang-orang aktif membuka sosmet untuk mencari hiburan dan juga saling berinteraksi satu dengan yang lainya. Hadirnya iklan dalam sebuah komunitas bisa mengganggu mereka, tapi jika iklan dibuat semenarik mungkin misalnya dijadiin konten maka iklan bisa menjadi bahan hiburan bagi banyak orang.

Semakin banyak interaksi terhadap konten iklan maka facebook juga akan merekomendasikan iklan kita sebelumnya ke orang lain yang mempunyai minat sama. Wow keren banget kan, semakin banyak orang yang melihat iklan semakin banyak juga pembelian terhadap produk yang kita jual.

Kunci sukses dari sosial media marketing / pemasaran online lewat sosial media tergantung pada konten dan juga manfaat produk yang kita jual. Kebanyakan orang mengambil testimoni sebagai bukti manfaat sah produk yang dijual, dalam kebanyakan marketplace testimoni bisa dalam bentuk ratting atau penilaian. Buatlah konten menarik, produk review juga banyak penggemarnya, mau review apa? Laptop aku punya cerita nih cerita ini aku dapat dari abangku.


~ Dalam sebuah Kasus Penjualan ~
Bulan lalu abangku punya keinginan membeli laptop, dia mencari berbagai jenis laptop harga murah diinternet. Sudah beberapa minggu tidak juga mendapatkan laptop bagus dengan harga murah, jam 3 sore akhirnya ketemulah abangku dengan channel betet89 tepat banget ketemunya video review thinkpad x230. Setelah menonton abangku tertarik membeli laptop tersebut, akhirnya toko betet89 di shopee, tokopedia, dan bukalapak disamperinya. Menurut abangku laptopnya bagus, reviewnya juga unik dia melihat karyawanya melakukan pemeriksaan secara teliti.



Dari cerita abang Gea diatas dia tertarik membeli karena melihat video review, menurutnya laptop tersebut bagus sesuai dengan minatnya. Sekarang bagaimana apa kamu sudah paham dengan sosial media marketing? Selain memanfaatkan konten kamu juga bisa memasang iklan disebut juga dengan fb ads. Dengan memasarkan konten kita diiklankan di facebook modal biaya 100ribu saja bisa menjangkau lebih banyak orang dalam waktu singkat.

Facebook Ads kebanyakan digunakan oleh blogger nih, blogger dan situs media berita. Mereka mempromosikan artikel ke fb dengan biaya murah, sementara pendapatan dari iklan Google Adsense jauh lebih besar. Meskipun banyak yang melakukanya cara seperti itu tetap dilarang alias tidak diperbolehkan. Iklan fb hanya boleh digunakan untuk memasarkan produk.


Promosi Lewat Digital Content

Digital konten yang aku maksud berbeda dengan konten review, teknik berpromosi menggunakan konten kita harus melakukan pembuatan konten yang sama sekali tidak ada hubunganya dengan produk yang kita pasarkan. Dalam hal ini kita berusaha menarik lebih banyak orang agar menyukai konten yang kita buat. Misalnya dalam bentuk Konten MEME. Buatlah konten semenearik mungkin dengan memasukan trend yang sedang hits, usahakan konten lelucon/bercanda/komendian karena di indonesia merupakan pasar hiburan paling laris.

Terus bagaimana bisa kita mendapatkan pembeli, sementara yang kita promosikan hanyalah konten. Cara dapat pembelinya mudah banget, kamu hanya perlu menyiapkan harga diskon untuk sebuah produk dan menyematkan iklan pada bagian yang sedikit terlihat. Nantinya orang yang akan membeli adalah orang² yang lebih tertarik terhadap konten yang kita buat. Berbeda dengan teknik Review, berpromosi dengan menggunakan konten ini berpeluang mendatangkan lebih banyak audiens baru. Prinsi kerjanya sama dengan pelaku influencer, tapi disini kita menggunakan konten sebagai umpan untuk mendatangkan banyak orang. Disela-sela koten inilah kita bisa berpromosi, dengan begitu iklan yang kita pasang bisa berpeluang dilihat banyak orang.


Mengembangkan Grup Penggemar

Tahukah kamu setiap produk bisa dipromosikan lewat halaman penggemar, kamu tidak perlu membuat grup fans tersendiri. Cukup bergabung saja di grup-grup yang sudah ada sebelumnya. Disini kamu bisa mempromosikan produk yang akan dijual, tapi ingat ada sejumlah peraturan yang wajib kamu taati. Teknik berpromosinya juga beda, karena kamu berada dalam sebuah komunitas yang sama otomatis banyak saingan donk.

Nah kita mencari pembeli dengan cara menurunkan harga barang dibanding harga pasaran, keuntungan yang kita dapatkan yakni melalui banyaknya penjualan. Karena setiap hasil yang dapatkan dari satu penjualan dipotong hingga 80%, semakin banyak penjualan maka semakin besar keuntunganya. Asma nadia, seorang penulis Novel memasarkan produk bukunya pada grup yang sama dengan judul cerita pada bukunya.


Teknik promosi dengan menggunakam internet ada banyak jenisnya, hampir semuanya berhubungan dengan konten. Oleh karena itu kamu wajib membuat konten yang bisa dijadikan sebagai pendamping produk yang akan kita jual.

Advertisment